PENGALAMAN JNE : JEMPUT BARANG SENDIRI

Posted on August 5, 2014
Dari awal emang lumayan khawatir untuk belanja online. Khawatir dengan barang yang kurang sesuai gambar/foto juga barang sampai tujuan. Belanja online mulai booming ketika saya kuliah, sekitar periode 2011/2012 hingga sekarang. Banyak barang yang ditawarkan dan cukup menarik tetapi ketika melihat pembayaran dengan transfer melalui bank, langsung abaikan.

Dan mulai ada keberanian untuk belanja online awal tahun ini. Tergiur dengan barang homemade yang ada di instagram, karena saya pikir ini homemade dan otomatis pasti limited. Transaksinya juga mudah dan baranga sampai tujuan. 

Belanja online kedua, ketiga, dan keempat juga enggak ada kendala mulai dari transaksi sampai dengan barang sampai tujuan.

Beberapa minggu yang lalu saya melakukan belanja online dari Denpasar, Bali. Saya membeli barang dan melakukan transaksi normal seperti biasa.

23 Juli
Melakukan transaksi dan pembayaran

24 Juli
Meminta no resi

26 Juli
Baru melakukan tracking di web JNE. Lega karena barang sudah ada di gudang JNE Bekasi

27 & 28 Juli
Tidak ada aktivitas karena sedang merayakan Idul Fitri

29 Juli
Mulai panik karena tidak ada kejelasan dari pihak JNE masalah waktu operasional. Mencoba untuk bertanya di twitter resmi JNE dan juga JNE Bekasi. Yang merespon hanya JNE Bekasi. Dan menyuruh untuk mengambil barang di gudang Bekasi di Jati Asih jam 10 - 12. Karena kemungkinan barang yang belum dikirim pasti masih ada di gudang. Karena direspon sore jadi enggak jadi kesana.

30 Juli
Pagi-pagi sudah rapi untuk berangkat. Sebetulnya memang enggak tau posisi gudang JNE dan bermodal sotoy dari googling akhirnya berangkat. Ada dua tempat yang menurut saya itu gudang JNE. Alamat pertama didekat Grand Galaxy Park. Kedua di Jati Asih (depan pom bensin dan samping ayam lepas). Saya muter dua kali dan tidak ketemu. Yang ada hanya agen. Pasrah karena panas dan pulang.

31 Juli
Saya mencoba untuk tweet ke twitter resmi JNE dan JNE Bekasi tapi semuanya no respon. Kesel. Siapa coba yang enggak kesel ketika mention enggak dibalas tetapi nge-tweet untuk pick up barang bla bla bla segala macam. Abaikan twitter dan mencoba untuk telfon ke CS JNE. Bukannya informasi yang didapat tapi jadi hafal jingle JNE. Habis pulsa 20 ribu juga :) . Tiba-tiba ingat kalo masih simpan nomer kurir JNE yang salah alamat. Mencoba telfon dan untungnya di angkat. "Iya mbak pelayanan kami libur lebaran hingga sabtu, kalo mau ambil sabtu aja di gudang mbak". Lega dapet informasinya.

2 Agustus
Masih berangkat pagi-pagi ke gudang JNE tapi saya juga lupa posisi lokasinya dimana. Karena saya diantar jadi memudahkan untuk mencari. Ketemu. Posisinya ada di depan pom pensin & ayam lepas (entahlah dua tempat ini selalu berdekatan, konspirasi eh?) dekat sekali dengan pintu gerbang Grand Galaxy Park. Saya masuk ke dalam ruangan dan sudah ramai orang. Ada beberapa ibu-ibu yang ngedumel karena barang belum diterima mulai dari tanggal 16 Juli. Ketika saya bertanya ke satpam kemduian dia menanyakan lokasi tempat tinggal saya. Ternyata saya salah tempat. Area Bekasi Timur  ada di gudang yang di Kranji. 

Dengan kesabaran, saya kesana. Posisi tempatnya ada di deretan Mazda Show Room. Saya disuruh ke ruko pojok untuk pengambilan barang disana. Masih ada beberapa orang yang menunggu sama seperti di gudang Jati Asih. Saya masuk dan menanyakan apakah barang saya disini. Kemudian saya diminta no resi dan kemudian di cek. Kemudian orang tersebut mencari tiga barang termasuk barang saya. Di ruangan tersebut barang menumpuk dan tercecer. Ada barang yang saya lihat dan itu pengiriman dari Makasar berupa makanan. Di dinding terdapat tempelan beberapa nama, mungkin nama dari kurir. Orang tersebut masih mencari, mengaduk, dan menempatkan ke karung yang kosong. Barang pertama ketemu dan saya hampir 1 jam tetapi tidak ketemu juga. Orang tersebut menelpon kurir yang biasa mengantarkan ke daerah saya dan mengatakan untuk menunggu kurir tersebut. Untungnya hanya 10 menit dan kurir tersebut bilang kalo tidak ada barang saya. Kurir tersebut bilang untuk menunggu sampai hari senin normal kembali. Saya setuju dan meminta nomer kurir tersebut.

Pulang ke rumah tanpa barang.

4 Agustus
Pulang dari kantor saya menanyakan ke keluarga apa ada JNE datang. Ternyata tidak ada :)

5 Agustus
Saya mengirimkan sms dan menanyakan bagaimana dengan kejelasan barang saya. Dan hanya diminta nomer resi. Entahlah bakalan diproses atau enggak.

6 Agustus (update)
Sudah di sms dan di telfon sama mas kurir JNE. Barang akhirnya ketemu dan akan dikirim di rumah. Lihat nanti di rumah apa benar sampai atau masih ke hold.
Status tracking

7 Agustus
Barang sudah tiba
(update) Status tracking

Sistem manajemen untuk sortir barang kurang memuaskan. Hanya sortir menurut lokasi tempat/kurir. Perlu dikritik tapi pasti hanya dijadikan list.

Jika barang ini berupa pakaian/sepatu/sejenisnya saya masih sabar untuk menunggu. Tapi kalo menyangkut pekerjaan enggak akan saya sesuper ribet kaya itu :)

14 comments :

  1. Maaf.. gudang jne jati asih bekasi itu yg depan ayam lepaaas atau grand galaxy? *kasus sama :'(

    ReplyDelete
  2. Katanya punya saya (kiriman untuk ke cibitung) ada di jne jati asih gudang. Mohon info alamatnya dan no tlp gudang jati asihnya... tks..

    ReplyDelete
  3. Eva Fitrah: Untuk JNE Jati Asih posisinya ada di depan pintu masuk Grand Galaxy. Dari arah pekayon berada di sebelah kiri. Mendingan jangan nelpon, soalnya suka diangkat :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. No kurir berbeda2 setiap wilayahnya pengirimannya mbak

      Delete
  5. DEAR MBA OSA
    mohon patokan gudang jne bekasi yang dekat galaxy park dan yang di KRanji .
    saya kirim barang sudah 4 hari tidak sampai .tujuan ke bekasi timur.
    tks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Patokan untuk gudang yang di grand galaxy park:
      Jika dari pekayon arah jati asih berada di sebelah kiri, tidak jauh dari gerbang pintu masuk galaxy park, tempat tidak terlalu mencolok dari jalan raya dan di pinggir jalan raya

      Untuk gudang yang di kranji patokannya dari arah bekasi menuju kranji berada di sebelah kiri, tempatnya berada di ruko, setelah show room mazda (kalo tidak salah)

      Delete
  6. KURANG AJAAAAAR JNEEEE.
    SAMA KEJADIAN GW JG GITU

    ReplyDelete
  7. Kasusnya sama... JNE yg di kranji ada no telponnya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu langsung kesana tanpa menghubungi jne yg di kranji

      Delete
  8. Punya kasus yg sama, dr pengiriman dr Tangerang ke Bekasi Barat dr tgl 6Desember 2016, cek di web tracking tgl 7 Desember 2016 sudah sampai di gudang JNE Bekasi.. tapi hingga hari ini tanggal 17 Desember paket belum di terima.. padahal saya kirim paket tsb bersama dgn 3 paket lain yg ke Cikampek dan Purwakarta tapi paket tsb sudah di terima, yg di Bekasi justru blm di terima padahal jarak nya lebih dekat 😩😩

    ReplyDelete
  9. Udah 3 minggu paket saya blm sampe2 . Katanya pas mau di antar rumah selalu kosong , tp biasanya kalo rumah kosong kurir selalu titipin kerumah tetangga dan segera sms kalo paket dititip . Tapi kenapa ini alasan nya rumah kosong ???? Jne tolong jangam seperti ini .

    ReplyDelete
  10. Udah 3 minggu paket saya blm sampe2 . Katanya pas mau di antar rumah selalu kosong , tp biasanya kalo rumah kosong kurir selalu titipin kerumah tetangga dan segera sms kalo paket dititip . Tapi kenapa ini alasan nya rumah kosong ???? Jne tolong jangam seperti ini .

    ReplyDelete
  11. Kasus nya sama barang saya blom di kirim jiga sudah 2 Minggu saya coba kirim email tapi di balas hanya minta no resi setelah itu tidak ada kepastian lagi 😌,,entah kapan barang nya di antar

    ReplyDelete