BANGKU PRIORITAS

Posted on February 21, 2017
"Duduk nih mb, mumpung lagi kosong"

"Terima kasih pak, biar yang lain aja"

"Oh gitu, lumayan loh sampe Manggarai"

Penawaran itu sering banget saya terima kalo posisi sedang berdiri di depan bangku prioritas. Saya sendiri belum termasuk ke dalam kategori prioritas tersebut tapi suka kesel sendiri sih sama orang yang memang bukan kategorinya duduk, tidur, ditambah pake masker.

Gpp lah, namanya juga rejeki. Ye...

Terkadang juga bangku prioritas ini dapat menimbulkan konflik antara ibu-ibu dan mba-mba. Si ibu merasa masuk kategori prioritas karena merasa dirinya sudah lanjut usia dan si mba sedang hamil muda. Dan berakhir dengan kakek-kakek yang mengalah karena ada penumpang yang nyeletuk "itu yang cowok ngalah dong". Sadisnya dunia percommuterlinean.


Pasti sudah familiar deh sama penanda diatas. Penanda ini berada di ujung-ujung gerbong commuterline. Biasanya ditempel dikaca agar mudah dibaca sama pengguna commuterline. Dibaca sih cuman penerapannya masih belum baik menurut saya. Wajar karena memang infonya terlalu umum.

Lanjut Usia
Gambar : pria membawa tongkat sambil duduk
Fakta : ibu-ibu mengaku sudah lanjut usia

Sering banget nih ketemu sama ibu-ibu macem ini. Walaupun bangku penuh atau kosong tapi tetap mengaku lanjut usia. Kadang juga enggak mau mengalah dengan wanita hamil karena merasa dirinya termasuk ke dalam kategori lanjut usia. Di penanda tersebut memang tidak dijelaskan lebih detail mengenai kategori lanjut usia seperti apa, jadinya masih banyak dislahgunakan :B

Wanita Hamil
Gambar : wanita dengan perut hamil (di dalam perut ada bentuk love)
Fakta : wnaita hamil muda (1 - 4 bulan)

Di penanda terlihat jelas wanita hamil dengan kondisi perut berumur 7 s/d 9 bulan. Nah faktanya sulit sekali mengetahui wanita hamil yang berumur 2 s/d 4 bulan, karena memang kondisi perut belum terlihat. Pernah kejadian ada wanita yang meminta duduk dengan alesan sedang hamil namun ada aja yang nyeletuk "beneran hamil gak tuh mba?". Dan yang nyeletuk adalah wanita yang memang bukan termasuk bangku prioritas. Miris.

Penyandang Disabilitas

Gambar : Pria membawa tongkat sambil duduk
Fakta : Sudah sesuai

Kategori ini yang termasuk baik dalam penerapannya. Mayoritas pengguna memahami kalo yang membawa tongkat atau salah satu anggota tubuh dibalut perban memang termasuk kategori tersebut.

Ibu Membawa Balita

Gambar : Wanita memangku anaknya sambil duduk
Fakta : Ibu beserta anaknya yang memakai seragam sd

Ini kurang relevan antara gambar dan fakta. Pada gambar jelas sekali kalo yang berhak untuk di bangku prioritas adalah ibu yang memangku anaknya. Mungkin anak yang dimaksud kira-kira berusia 0-2 tahun. Nah kalo yang berumur diatasnya bagaimana? saran sih lebih baik untuk tetap tidak duduk di bangku prioritas.

No comments :

Post a Comment